Layanan Banner new

Contactless

Contactless

 

 

1. Manfaat Kartu Contactless

Kartu Kredit BRI yang dilengkapi dengan fitur contactless [ )))) ] memberikan kemudahan untuk Anda dalam melakukan transaksi secara non tunai (cashless) dengan menghadirkan metode pembayaran belanja yang cepat, mudah, dan aman, serta dapat digunakan di EDC merchant di seluruh dunia yang terdapat logo Principal Global dan ikon Contactless. Anda cukup mendekatkan atau tap kartu kredit ke mesin EDC tanpa perlu memasukan PIN saat transaksi dengan nomimal sampai dengan Rp 1.000.000,- . Selain itu, transaksi dengan metode Contactless lebih nyaman karena Kartu Kredit dipegang oleh Anda sendiri dan Anda tidak perlu menyentuh tombol di mesin EDC seperti saat menggunakan PIN.

 

2. Risiko Bagi Nasabah

Kartu Kredit BRI Anda yang dilengkapi dengan fitur Contactless memiliki risiko untuk disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab apabila kartu Anda hilang atau dicuri. Ingat transaksi dengan metode Contactless di bawah Rp 1.000.000,- juta tidak perlu menggunakan PIN
BRI telah melakukan langkah – langkah pengamanan untuk minimalisir Anda dari risiko penyalahgunaan Kartu Kredit, namun tidak menjamin Anda akan terbebas dari risiko penyalahgunaan, antara lain dengan melakukan validasi terhadap data – data kartu yang Anda gunakan pada saat aktivasi kartu, mengirimkan notifikasi transaksi ke perangkat mobile/email Anda yang terdaftar di BRI ketika ada transaksi yang dilakuka, serta dengan menetapkan maksimal nilai total transaksi menggunakan metode Contactless. Nilai transaksi dengan Kartu Kredit BRI contactless adalah hingga Rp 3.000.000,- per hari. Untuk transaksi diatas Rp 3.000.000 per hari, transaksi wajib menggunakan metode Contact (dip chip). Segera hubungi Contact BRI 1500017 untuk lakukan pelaporan dan pemblokiran apabila kartu kredit atau perangkat seluler mobile banking

 

3. Informasi Biaya

Tidak ada tambahan biaya yang dibebankan BRI kepada Anda dalam bertransaksi dengan menggunakan metode Contactless Kartu Kredit BRI di luar biaya - biaya administrasi yang berlaku saat ini. Jika kartu Anda belum Contactless, Anda dapat mengajukan penggantian kartu ke Contact BRI 1500017. Untuk biaya pergantian kartu dapat dilihat pada informasi biaya yang sesuai dengan Kartu Kredit Anda, pada halaman Kartu Kredit terkait.

 

4. Cara Penggunaan Contactless

Pembayaran contactless adalah pembayaran dengan kartu debit/kredit dengan cara ditap ke mesin EDC (kartu tidak di dip atau di swipe)

  • Pastikan Kartu Kredit BRI Anda memiliki simbol contactless
  • Pastikan mesin EDC juga memiliki simbol contactless ketika melakukan pembayran
  • Dekatkan Kartu Kredit BRI Anda di mesin EDC. Untuk transaksi di atas Rp 1 juta wajib menggunakan PIN
  • Struk transaksi akan keluar jika transaksi berhasil

 

5.  Mekanisme Penyelesaian Gangguan/Sanggahan Transaksi Kartu Kredit Contactless

  • Penyelesaian gangguan/sanggahan transaksi hanya dapat diproses apabila pemegang kartu mengajukan gangguan/sanggahan transaksi melaluiContact BRI 1500017.
    Pemegang kartu akan diberikan form penyelesaian gangguan/sanggahan transkasi dan diminta untuk melengkapinya beserta dengan dokumen pendukung yang diminta. Apabila tidak dilengkapi, proses pengajuan penyelesaian gangguan/sanggahan transaksitidak dapat dilanjutkan, dan transaksitersebut menjadi sepenuhnya tanggung jawab Pemegang Kartu.
  • Bank akan memproses permohonan atas penyelesaian gangguan/sanggahan transaksi sesuai dengan peraturan dan regulasi yang berlaku di Principals(Mastercard/Visa/JCB)
  • Bank berhak menerima surat penyelesaian gangguan/sanggahan transaksi secara lengkap dalam jangka waktu 30 hari kalender dari tanggal transaksi. Apabila Bank tidak menerima dalam jangka waktu yang telah ditentukan, maka pemegang kartu dianggap telah menyetujui transaksi tersebut dan tidak ingin melanjutkan penyelesaian gangguan/sanggahan transaksi tersebut.
  • Apabila dari hasil investigasi menyatakan bahwa transaksi tersebut sah, maka pemegang kartu bersedia membayar tagihan transaksi beserta biaya-biaya yang berkaitan dengan penyelesaian gangguan/sanggahan pemegang kartu serta akan dikenakan biaya permintaan salinan transaksi (copy sales draft) sesuai ketentuan yang berlaku untuk pembebanan biaya copy sales draft transaksi domestik atau luar negeri 
  • Apabila dari hasil investigasi diketahui bahwa Pemegang Kartu dengan secara sengaja memberikan informasi data kartu/transaksi yang meliputi Nomor kartu kredit, Masa Berlaku Kartu, Kode CVC/CVV, PIN dan Kode Transaksi (OTP) kepada siapapun, maka Bank berhak menghentikan proses. Penyelesaian gangguan/sanggahan ini, dan atastransaksi tersebut menjadi tanggung jawab pemegang kartu.

 

6. Layanan Pengaduan Nasabah

  • Nasabah dapat menyampaikan pengaduan melalui Contact BRI 1500017
  • Petugas Bank melakukan verifikasi atas kesesuaian data nasabah
  • Petugas Bank menerima informasi dan dokumen pengaduan nasabah serta mencatat pengaduan ke dalam sistem pencatatan pengaduan
  • Nasabah akan menerima nomor registrasi pengaduan dan tanggal peneriamaan pengaduan
  • Bank akan menindaklanjuti dan menyelesaikan pengaduan nasabah sesuai jangka waktu penyelesaian berdasarkan jenis pengaduan yang disampaikan

 

7. Jenis Kartu Kredit BRI Contactless

Implementasi penerbitan Kartu Kredit BRI dengan fitur contactless saat ini dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan ketersediaan stok kartu. Tipe kartu Easy Card, JCB Platinum, dan Tokopedia Card untuk penerbitan kartu baru/renewal akan mendapatkan kartu kredit tipe contactless.