Banner Tentang BRI Peduli

Tentang BRI Peduli

Tentang Kami

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI merupakan bank milik pemerintah yang terbesar dan tersebar di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1895 hingga saat ini Bank BRI memiliki peran penting dalam menggerakkan roda perekonomian nasional. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank BRI turut melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial atau Corporate Sosial Responsibility (CSR), terutama melalui pelaksanaan Program Bina Lingkungan yang dikenal dengan nama BRI Peduli.

BRI Peduli memiliki konsep untuk membantu meningkatkan kondisi lingkungan (Pro Planet), Masyarakat (Pro People) dan ekonomi (Pro Profit). Bank BRI memiliki komitmen kuat dalam menjalankan BRI Peduli dengan mengusung tema “Bangga Berindonesia” sebagai tagline dari program-program CSR dan Bina Lingkungan. Bank BRI berkomitmen menjadikan BRI Peduli sebagai kegiatan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. BRI Peduli terbagi dalam 7 (tujuh) sektor bantuan yaitu Bantuan korban bencana alam, Bantuan pendidikan, dapat berupa pelatihan, prasarana dan sarana pendidikan, Bantuan peningkatan kesehatan, Bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum, Bantuan sarana ibadah, Bantuan pelestarian alam dan Bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan. Dalam pelaksanaannya, masing-masing sektor tersebut dikomunikasikan dengan nama program yakni :

  1. Sektor bantuan untuk korban bencana alam, yang dikomunikasikan dengan nama INDONESIA PEDULI
  2. Sektor bantuan pendidikan, dapat berupa pelatihan, prasarana dan sarana pendidikan, yang dikomunikasikan dengan nama INDONESIA CERDAS
  3. Sektor peningkatan kesehatan, yang dikomunikasikan dengan nama INDONESIA SEHAT
  4. Sektor pengembangan prasarana dan/atau sarana umum, yang dikomunikasikan dengan nama INDONESIA MEMBANGUN
  5. Sektor sarana ibadah, yang dikomunikasikan dengan nama INDONESIA TAKWA
  6. Sektor pelestarian alam, yang dikomunikasikan dengan nama INDONESIA LESTARI
  7. Bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan, yang dikomunikasikan dengan nama INDONESIA SEJAHTERA
Dari berbagai komitmen yang telah dilaksanakan Bank BRI di bidang CSR dan Bina Lingkungan, Bank BRI terus meningkatkan kualitas Program CSR dan Bina Lingkungan dengan membangun sistem manajemen program, baik perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, termasuk pengukuran dampak program serta kesesuaian dengan peraturan yang berlaku.

Kini BRI Peduli menjadi pelopor dan merupakan bank terbaik dalam pelaksanan Program CSR dan Bina Lingkungan selama 2 tahun berturut-turut yaitu tahun 2018 dan 2019 sebagai Best Bank For CSR in Indonesia dalam ajang Asiamoney Best Bank Award.

Visi dan Misi BRI Peduli

VISI BRI Peduli

Menjadi yang terdepan dalam praktik tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan nilai & manfaat yang berkelanjutan bagi pemangku kepentingan

MISI BRI Peduli

Melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendukung bisnis Bank BRI dengan tata kelola (governance) dan pengelolaan (management) yang baik, terencana, strategis, berdampak luas dan berkelanjutan

Menciptakan perpaduan nilai (blended value) bagi BRI dan pemangku kepentingan

Meningkatkan reputasi Bank BRI di mata pemangku kepentingan

Nilai Utama BRI Peduli

Nilai Utama BRI Peduli

Transparan

Prinsip ini menghendaki bahwa setiap program tanggungjawab sosial dikelola secara terbuka, yang memungkinkan seluruh pemangku kepentingan mengetahui dan memahami serta mempunyai peluang untuk berpartisipasi dalam pengelolaan program tanggungjawab sosial perusahaan.

Akuntabel

Prinsip akuntabel menghendaki bahwa setiap pihak yang terlibat dalam pengelolaan program tanggungjawab sosial menjalankan tugas dan kewenangannya secara efektif, sehingga dapat dipertanggungjawabkan dari waktu ke waktu, baik kepada pemangku kepentingan internal maupun pemangku kepentingan eksternal.

Tanggungjawab

Prinsip ini menuntut pengelola program tanggungjawab sosial bertanggung jawab atas setiap keputusannya. Tanggungjawab tersebut harus sampai kepada setiap personel yang ada dalam organisasi pengelola program atau pihak lain yang terkait dengan pengelolaan program tanggungjawab sosial perusahaan.

Inklusif

Prinsip ini mengatur pentingnya agar keseluruhan program tanggungjawab sosial yang dilakukan perusahaan dapat menjangkau dan melibatkan para pemangkukepentingan, sehingga pemangku kepentingan tidak hanya menjadi obyek program tapi juga menjadi subyek atau pelaku program tanggungjawab sosial itu sendiri. Inklusif juga bermakna bahwa program tanggungjawab sosial yang dilaksanakan dipastikan menyasar kepada kelompok rentan (vulnerable) maupun kelompok masyarakat yang terdampak langsung operasional perusahaan.