Banner Tentang BRI Peduli

Tentang BRI Peduli

Tentang Kami

BRI merupakan bank milik pemerintah yang terbesar dan tersebar di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1895 hingga saat ini BRI memiliki peran penting dalam menggerakkan roda perekonomian nasional. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BRI turut melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial melalui pelaksanaan pemberdayaan masyarakat dengan nama BRI Peduli.

Pelaksanaan Program TJSL BRI Peduli mengacu kepada Peraturan Menteri BUMN No. PER-05/MBU/04/2021 tanggal 8 April 2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara yang kemudian diadopsi ke dalam peraturan internal perusahaan melalui Surat Edaran NO. SE. 50 –DIR/CSC/09/2021 tanggal 30 September 2021 tentang Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BRI Peduli PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN tersebut, terjadi perubahan sektor penyaluran Program TJSL BRI Peduli yang sebelumnya mengacu pada 7 sektor Bina Lingkungan menjadi mengacu pada 4 pilar utama yaitu Pilar Sosial, Pilar Ekonomi, Pilar Lingkungan serta Pilar Hukum & Tata Kelola dengan sasaran kegiatan mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Penerapan program TJSL BRI juga berpedoman pada konsep Triple Bottom Line, yaitu Pro People, Pro Planet, dan Pro Profit yang mendasari program BRI selama ini yang menyelaraskan social value dan business value perusahaan dan sejalan dengan strategi Environmental, Social & Governance (ESG) BRI. Dari berbagai komitmen yang telah dilaksanakan, BRI terus meningkatkan kualitas Program BRI Peduli dengan membangun sistem manajemen program, baik perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, termasuk pengukuran dampak program serta kesesuaian dengan peraturan yang berlaku.

Kini BRI Peduli menjadi pelopor dan merupakan bank terbaik dalam pelaksanan Program CSR dan Bina Lingkungan selama 3 tahun berturut-turut yaitu tahun 2018, 2019 dan 2020 sebagai Best Bank For CSR in Indonesia dalam ajang Asiamoney Best Bank Award.

Visi dan Misi BRI Peduli

VISI BRI Peduli

Menjadi yang terdepan dalam praktik tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan nilai & manfaat yang berkelanjutan bagi pemangku kepentingan

MISI BRI Peduli

Melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendukung bisnis Bank BRI dengan tata kelola (governance) dan pengelolaan (management) yang baik, terencana, strategis, berdampak luas dan berkelanjutan

Menciptakan perpaduan nilai (blended value) bagi BRI dan pemangku kepentingan

Meningkatkan reputasi Bank BRI di mata pemangku kepentingan

Nilai Utama BRI Peduli

Nilai Utama BRI Peduli

Transparan

Prinsip ini menghendaki bahwa setiap program tanggungjawab sosial dikelola secara terbuka, yang memungkinkan seluruh pemangku kepentingan mengetahui dan memahami serta mempunyai peluang untuk berpartisipasi dalam pengelolaan program tanggungjawab sosial perusahaan.

Akuntabel

Prinsip akuntabel menghendaki bahwa setiap pihak yang terlibat dalam pengelolaan program tanggungjawab sosial menjalankan tugas dan kewenangannya secara efektif, sehingga dapat dipertanggungjawabkan dari waktu ke waktu, baik kepada pemangku kepentingan internal maupun pemangku kepentingan eksternal.

Tanggungjawab

Prinsip ini menuntut pengelola program tanggungjawab sosial bertanggung jawab atas setiap keputusannya. Tanggungjawab tersebut harus sampai kepada setiap personel yang ada dalam organisasi pengelola program atau pihak lain yang terkait dengan pengelolaan program tanggungjawab sosial perusahaan.

Inklusif

Prinsip ini mengatur pentingnya agar keseluruhan program tanggungjawab sosial yang dilakukan perusahaan dapat menjangkau dan melibatkan para pemangkukepentingan, sehingga pemangku kepentingan tidak hanya menjadi obyek program tapi juga menjadi subyek atau pelaku program tanggungjawab sosial itu sendiri. Inklusif juga bermakna bahwa program tanggungjawab sosial yang dilaksanakan dipastikan menyasar kepada kelompok rentan (vulnerable) maupun kelompok masyarakat yang terdampak langsung operasional perusahaan.