Aset Penerbit

angle-left Kepercayaan Masyarakat Kepada BRI Terus Meningkat
Kamis, 13 Juni 2019

Kepercayaan Masyarakat Kepada BRI Terus Meningkat

Share

JAKARTA Pasca Ramadan dan libur Lebaran 1440 Hijriah, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengaku mengalami berbagai lonjakan transaksi. Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI, Osbal Saragi di Jakarta, Kamis (13/6) menyampaikan ragam lonjakan transaksi tersebut.

 

“Internet Banking BRI selama H-14 hingga Hari H lebaran ratas per hari  terdapat 3,42 juta kali transaksi, naik sebesar 31,27% dibandingkan ratas per hari pada periode Januari-April 2019 yakni sebesar 2,61 juta kali transaksi. Sedangkan transaksi Mobile Banking BRI juga mengalami kenaikan serupa yakni selama H-14 hingga Hari H lebaran ratas per hari  terdapat 1,12 juta kali transaksi, naik sebesar 9,4% dibandingkan ratas per hari pada periode Januari-April 2019 yakni sebesar 1,09 juta kali transaksi”, ungkap Osbal.

 

Bila dibandingkan dengan tahun 2018 lalu, kedua transaksi baik Internet Banking maupun Mobile Banking mengalami kenaikan yang signifikan. Internet Banking BRI naik 109,75% dari 1,62 juta transaksi pada 2018 naik ke 3,42 juta transaksi pada 2019. Mobile Banking BRI naik sebesar 23,4% dari 964 ribu transaksi ke 1,12 juta transaksi.

 

“Kami mengalami  puncak transaksi Internet Banking BRI dan Mobile Banking BRI pada H-12 tahun ini. Berbeda saat tahun 2018 lalu, terjadi saat H-10 lebaran,” imbuh Osbal.

 

Sebelumnya Bank BRI telah menyiapkan kebutuhan akan uang tunai pada momen Ramadan dan Lebaran serta mengajak masyarakat untuk bertransaksi secara cashless. Perseroan menyiapkan uang tunai senilai Rp 48,2 triliun, jumlah ini turun dibandingkan tahun 2018 lalu sebesar Rp 62 triliun. Penurunan tersebut dilakukan sebagai bentuk optimisme BRI terhadap transaksi nasabah secara cashless melalui channel yang ada dan evaluasi kebutuhan masyarakat dari tahun ke tahun. Selain itu jaringan BRI juga tersebar luas untuk kebutuhan tarik ataupun setor tunai di mesin ATM/CRM.

“Secara keseluruhan transaksi nasabah mengalami kenaikan, terlebih kami hanya libur kantor saat hari H lebaran, bahkan transaksi e-channel tetap berjalan selama 24 jam non stop setiap hari dengan realibility 95%. Bila kami rata-rata, transaksi nasabah mencapai Rp 25 juta melalui berbagai channel yang kami punyai. Sebanyak 36% dilakukan melalui ATM dan CRM, sisanya melalui EDC, Internet banking, Mobile Banking, UKO, dan Agen BRILink. Kami akan terus melakukan evaluasi dengan menyempurnakan IT BRI ke depannya, sehingga keluhan nasabah akan semakin turun dan kepercayaan masyarakat kepada BRI terus meningkat,” jelas Osbal.

Aset Penerbit