Aset Penerbit

angle-left Dorong Kaum Muda Menabung, OJK Gandeng BRI Gelar AksiMuda 2019
Selasa, 30 Juli 2019

Dorong Kaum Muda Menabung, OJK Gandeng BRI Gelar AksiMuda 2019

Share

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menggandeng Bank BRI menyelenggarakan kegiatan inklusi keuangan yang bertajuk AkSiMuda 2019. Kegiatan berskala nasional yang digelar secara kolaboratif antara OJK, Lembaga Jasa Keuangan (LJK), dan Kementerian ini merupakan salah satu bentuk implementasi Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 82 Tahun 2016 tentang Strategi Keungan Nasional Inklusif yang menargetkan inklusi keuangan untuk pemuda dan mahasiswa pada tahun 2019 sebesar 75%.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung BPPT Thamrin, Jakarta (30/7) ini mengusung tema besar “Aksi Mahasiswa dan Menabung 2019” dan dihadiri langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI  Mohamad Nasir, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara,  Direktur Konsumer Bank BRI Handayani, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI M. Asrorun Ni'am Sholeh, dan Country Director Asian Development Bank Winfried Wicklein.

“Kegiatan ini merupakan sarana yang baik untuk meningkatkan awareness masyarakat dan industri keuangan untuk meningkatkan budaya menabung dalam rangka menyambut Hari Indonesia Menabung. Selain itu, untuk mengakselerasi penambahan rekening khususnya dari segmen mahasiswa dan pemuda dalam rangka pencapaian target inklusi keuangan 75% pada tahun 2019,” kata Handayani.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut OJK turut meluncurkan Buku Strategi Inklusi Keuangan Bagi Pemuda, Pengukuhan Duta Literasi dan Inklusi Keuangan, Pembacaan Ikrar Aksi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia Menabung, serta Pengumuman Pemenang Kompetisi Inklusi Keuangan (KOINKU) 2019. Pada kegiatan tersebut, Bank BRI juga membuka stand  booth untuk pembukaan rekening Tabungan BRI SiMuda dengan berbagai program yang menarik.

Bank BRI juga menghadirkan 100 orang mahasiswa yang berasal dari 4 Perguruan Tinggi di Jabodetabek untuk mengikuti kegiatan AkSiMuda 2019 ini, di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Yarsi, Universitas Esa Unggul, dan Institut Pertanian Bogor. Adapun mahasiswa-mahasiswa yang hadir merupakan mahasiswa berprestasi terpilih dari masing-masing perguruan tinggi tersebut.

“Kami menawarkan berbagai hadiah menarik kepada para nasabah yang hadir dan membuka rekening di Booth Bank BRI. Pembukaan rekening Tabungan BRI SiMuda dengan setoran awal minimal Rp 50.000,- akan mendapatkan top up saldo sebesar Rp 150.000,-. Selain itu, Bank BRI juga menyediakan hadiah berupa BRIZZI beserta merchandise bagi peserta yang melakukan download aplikasi BRIMO,” kata Handayani.

BRIMO merupakan aplikasi electronic banking dari Bank BRI yang dapat diakses melalui smartphone Android dan IOS. Dengan Aplikasi ini, Nasabah dapat melakukan transaksi dan pembukaan rekening secara mobile, dimanapun dan kapanpun.

Handayani juga mengungkapkan, bahwa per Juni 2019, Bank BRI telah berhasil mengimplemantasikan program SiMuda dengan perolehan lebih dari 1.396 rekening. Perolehan ini merupakan usaha BRI untuk terus mengedukasi masyarakat terutama di kalangan mahasiswa dan pemuda agar memahami akan pentingnya budaya menabung serta berinvestasi sejak dini.

Aset Penerbit