slider 01

ATM BRI

Kami semakin mendekatkan diri kepada Anda. Saat ini Anda dapat melakukan transaksi perbankan di ATM BRI yang tersebar di seluruh unit kerja BRI seluruh Indonesia dan tempat-tempat strategis lainnya.

Manfaatkan layanan ATM BRI sebagai One Stop Services setiap saat dengan mendatangi gerai ATM BRI, 24 jam sehari 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun.

Selain dapat digunakan oleh nasabah pemilik rekening BRI yang memiliki kartu ATM , ATM BRI juga dapat melayani kartu ATM bank lain yang berlogo Link, Prima, ATM Bersama, Bankcard, dan Mastercard.

Jumlah ATM BRI yang dapat diakses oleh pemegang BRI Card adalah sebanyak 6300 ATM BRI, 18.500 ATM Link, 22.000 ATM Bersama, 17.427ATM PRIMA, 2.075 ATM MEPS (BANKCARD), serta 800.000 ATM berlogo Cirrus di seluruh dunia.

Fasilitas

  • Registrasi E-banking
  • Info saldo
  • Penarikan Tunai maksimal dalam 1 hari
    • Pemegang BRI Card Classic : Rp 5 Juta
    • Pemegang BRI Card Gold : Rp 10 Juta
    • Pemegang Card Platinum : Rp 10 Juta
  • Ganti PIN
  • Transfer Antar Rekening
    • Antar rekening BRI dengan maksimal transaksi dalam 1 hari.
  1. Antar Rekening BRI
  • Kartu Classic : Rp.20.000.000
  • Kartu Gold : Rp.50.000.000
  • Kartu Platinum : Rp.75.000.000

         2. Antar rekening bank anggota ATM Bersama.

  • Untuk seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold dan Platinum) maksimal transaksi dalam 1 hari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dengan sekali transaksi Rp.5.000.000,-(lima juta rupiah).
  • Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transaksi tidak melampaui.

      3Antar rekening di Jaringan ATM PRIMA.

  • Untuk seluruh jenis BRI Card (Classic, Gold dan Platinum) maksimal transaksi dalam 1 hari Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
  • Frekuensi transaksi dalam satu hari tidak dibatasi selama limit transaksi tidak melampaui.
  • Pembayaran Tagihan
    • Kartu Kredit BRI
    • Kartu Kredit dan KTA RBS
    • Kartu Kredit dan Personal Loan HSBC
    • Kartu Kredit ANZ
    • Kartu Kredit dan KTA SCB
    • Personal Loan
    • Ready Cash dan Eazy Pay Citibank
    • Citifinansial
    • FIF, BAF, SOF
    • Finansia, Verena
    • PLN
    • Telkom
    • Kartu Halo
    • Matrix
    • Flexi
    • Speedy
    • Indovision/Top TV/Oke Vision.
  • Pembayaran Universitas
    • SPP Unpad (Universitas Padjajaran)
    • SPP Unej (Universitas Jember)
    • SPP UM (Universitas Malang)
    • SPP dan Pembelian Paket UT
  • Pembayaran SIM dan STNK
  • Pembayaran Zakat dan Infaq
  • Pembayaran Tiket Pesawat dan Kereta Api
    • Garuda
    • Sriwijaya Air
    • Lion
  • Pembelian Pulsa
    • Simpati
    • AS
    • IM3
    • Mentari,
    • XL
    • StarOne
    • Flexi
    • Esia
    • Mobile8
    • Smart
    • Fren
    • Axis

Tips Bertransaksi

  • Jangan memberikan kartu ATM dan PIN ke orang lain.
  • Segera ganti PIN Anda dengan PIN yang belum pernah Anda gunakan secara berkala.
  • Jaga kerahasiaan PIN dan hafalkan PIN dengan tidak menuliskannya pada dompet, handphone atau tempat lain yang mudah terbaca.
  • ATM sebagai One Stop Services, maka manfaatkan fitur-fitur ATM untuk kemudahan dalam transaksi perbankan.

SMS Banking BRI

Layanan perbankan kini hadir didalam handphone anda, dengan mengirimkan pesan transaksi yang anda inginkan berupa SMS ke 3300 atau dengan menu melalui aplikasi. Maka transaksi dapat Anda lakukan dalam genggaman tangan.

Keunggulan

Apapun jenis dan tipe handphone anda dan dengan provider kepercayaan anda,sms banking BRI akan melayani kebutuhan transaksi perbankan yang anda lakukan. BRI memberikan 2 jenis layanan.

  • Berbasis menu, yaitu layanan SMS Banking yang menggunakan menu sebagai perintah transaksinya.
  • Plain text, yaitu layanan SMS Banking dengan mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.

Any time, any where, any device layanan sms banking BRI dapat anda nikmati.

Fasilitas

  1. smsINFO
    • Informasi Saldo
    • PLN
    • Telkom
    • Kartu Halo
    • Matrix
    • Rek Tujuan Transfer bank lain
    • Ganti PIN
    • Bantuan/ Help
  2. smsTRANSFER
    • Transfer Antar Rekening BRI
    • Transfer Antar Bank.
  3. smsPREPAID
    • Pembelian Pulsa Isi Ulang (Simpati/AS, Mentari, XL, IM3 SMART, Axis).
  4. smsPAYMENT
    • Pembayaran Tagihan Kartu Kredit BRI
    • Pembayaran DPLK
    • Pembayaran Zakat YBM BRI
    • Pembayaran Infaq YBM BRI
    • Pembayaran Tagihan Citibank
    • Pembayaran Tagihan SCB
    • Pembayaran Tagihan HSBC
    • Pembayaran Tagihan RBS
    • Pembayaran Tagihan ANZ
    • Pembayaran Zakat Dompet Dhuafa (DD)
    • Pembayaran Infaq Dompet Dhuafa (DD)
    • Pembayaran Tagihan Lainnya
    • Pembayaran Tagihan PLN
    • Pembayaran Tagihan Telkom
    • Pembayaran Tagihan Kartu Halo
    • Pembayaran Tagihan Matrix
  5. smsPURCHASE

Persyaratan

Nasabah Tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) dan Giro (Perorangan) yang memiliki kartu ATM BRI (BRI Card) dalam status aktif.

  1. REGISTRASI DI ATM
    Melakukan registrasi awal untuk dapat bertransaksi secara non financial melalui atm BRI dengan memilih Menu "Transaksi Lain" kemudian melakukan "Registrasi" dengan mendaftarkan nomor HP anda.
  2. REGISTRASI DI UNIT KERJA
    Registrasi SMS Banking di Unit Kerja BRI (Kanca, KCP,KK dan Unit) ditujukan untuk transaksi yang bersifat financial seperti Transfer antar rekening, Pembelian Pulsa, dll. Dengan cukup mengisikan formulir aplikasi permohonan Registrasi SMS Banking dengan melampiri foto copy KTP yang masih berlaku dan foto copy kartu ATM BRI.

Internet Banking BRI

Dengan Internet Banking BRI, Anda dapat berinteraksi dengan BRI selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, di manapun Anda berada.

Keunggulan

  • MUDAH
    Cukup melakukan registrasi Internet Banking BRI di ATM BRI dan registrasi mTOKEN di Customer Service Kanca/KCP BRI maka anda dapat langsung bertansaksi dengan mengakses alamat https://ib.bri.co.id
  • USER FRIENDLY
    Desain mudah dimengerti dan digunakan, sehingga anda tidak perlu membaca buku manual untuk menggunakan menu-menu dasar yang ada.
  • DAPAT DILAKUKAN SETIAP SAAT
    Penggunaan internet banking dimaksudkan untuk memudahkan anda melakukan transaksi perbankan pada berbagai situasi dan keadaan.
  • KEAMANAN YANG BERLAPIS
    • Menggunakan teknologi kriptografi seperti penggunaan enkripsi dengan menggunakan SSL (Secure Socket Layer) yang akan mengacak dan menyandikan data transaksi.
    • Dilengkapi dengan mTOKEN sebagai kode pengaman tambahan yang diberikan kepada pengguna Internet Banking untuk dapat melakukan transaksi financial. mTOKEN dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN.
  • TIDAK MEMERLUKAN PERANGKAT TAMBAHAN
    Karena mTOKEN akan dikirimkan via sms ke nomor handphone anda maka tidak diperlukan perangkat tambahan yang harus anda bawa.
    • mTOKEN
      Token yang digunakan berupa mobile Token (mTOKEN) dimana kode pengaman tambahan akan dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN. Menu permintaan mTOKEN terdapat pada website IB BRI yang diakses melalui https://ib.bri.co.id
      • 1 (satu) mTOKEN hanya bisa digunakan untuk 1 kali transaksi finansial. mTOKEN hanya dikirimkan ke Nomor HP anda yang telah diregistrasikan melalui Unit Kerja BRI setelah ada permintaan dari anda melalui layar Internet Banking.
      • Setiap kali request mTOKEN, anda akan mendapatkan 5 (lima) nomor kombinasi yang dikirim melalui SMS dari nomor khusus.
      • Ke-5 mTOKEN tersebut dapat digunakan untuk melakukan 5 kali transaksi dalam 12 Jam. Lewat dari waktu 12 Jam, ke 5 (lima) atau sebagian sisa mobile token yang telah digunakan tersebut akan expired.

Fasilitas

  • Informasi Rekening
    • Informasi Saldo
    • Mutasi Rekening
  • Transfer Dana
    • Transfer
      • Transfer Antar Rek BRI
      • Transfer ke Bank lain.
    • Transaksi Terjadwal
      • Tambah Transfer
      • Lihat Status
    • Daftar Transfer
  • Pembayaran dan Pembelian
    • Pembayaran Tagihan
      • KK Bank BRI
      • KK Bank Lain : Citibank, RBS, ANZ, SCB, HSBC
      • Telepon/Selular : Telkom, Kartu Halo, Flexi, Matrix
      • Listrik
      • KTA Bank Lain : Citibank, RBS, SCB, HSBC
      • Internet : Speedy, Flash
      • Pembayaran Multifinance :FIF, BAF, Financia, OTO, Verena, WOM
    • Pembayaran terpadu (pembayaran untuk beberapa transaksi sekaligus dalam satu kali eksekusi)
    • Pembelian
      • Isi Ulang Pulsa: IM3, Mentari, Simpati, Kartu As, XL, SMART, AXIS, 3
      • Deposit e-Money
    • Transaksi terjadwal
      • Tambah Pembayaran Tagihan
      • Lihat Status
      • Daftar Pembayaran
  • Daftar Pembayaran Pelayanan Nasabah
    • Pesan
      • Pesan Masuk
      • Pesan yang telah terkirim
      • Buat Pesan Baru
    • Administrasi
      • Ubah Password
      • Ubah Alamat email
      • Catatan aktivitas
    • Daftar rekening tujuan
      • Transfer dana
      • Pembayaran tagihan
  • mTOKEN : Permintaan mTOKEN

Persyaratan

  • Nasabah Tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) yang memiliki kartu ATM BRI (BRI Card) dalam status aktif.
  • Memiliki handphone dengan sim card operator yang telah kerjasama dengan BRI.
    • Operator GSM : Telkomsel, Indosat, XL
    • Operator CDMA : Telkom Flexy, Bakrie Telecom dan Mobile-8
  • Memiliki alamat email untuk menerima email notifikasi transaksi Internet Banking BRI.

Registrasi

  • Registrasi awal di ATM BRI
    Anda melakukan registrasi awal di ATM BRI untuk membuat password dengan format 6 (enam) digit numerik sesuai keinginan yang digunakan untuk proses login IB BRI. Akan tercetak User ID dalam struk ATM 10 (sepuluh) digit alfa-numerik, terdiri dari 6 (enam) digit huruf perpaduan nama nasabah dan 4 digit acak angka tanggal.
  • Registrasi mTOKEN (Financial) di Customer Service Kanca/KCP BRI.
    Registrasi mTOKEN dapat dilakukan di seluruh Kanca/KCP BRI dengan melengkapi dan menandatangani Formulir Permohonan Registrasi Layanan Internet Banking BRI. Setelah anda mendapatkan user ID IB BRI, anda harus segera melakukan login pertama di dalam waktu 45 hari sejak registrasi awal di ATM BRI.

E-Buzz

Layanan perbankan di atas kendaraan yang telah didesain sedemikian rupa, sehingga layanan ini menyerupai Kantor Kecil (Mini Mobile Branch) yang dapat bergerak dan berpindah-pindah.

Keunggulan

Memberikan kemudahan bagi anda melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke unit kerja BRI, karena terdapat petugas-petugas BRI yang terdiri dari CSO, Teller dan Security yang siap membantu anda.

Fasilitas

  • Pembukaan tabungan.
  • Registrasi e-banking.
  • ATM, maka anda dapat melakukan penarikan tunai, pembayaran-pembayaran, pembelian, transfer dan transaksi non tunai lainnya.
  • MiniATM, maka anda dapat melakukan transaksi non tunai, penggantian kartu, issuing PIN, Change PIN dll.
  • Informasi Produk BRI.

KIOSK BRI

Sarana Anda untuk melakukan transaksi yang bersifat non tunai dilengkapi pula dengan tampilan Informasi, Simulasi, Promosi dan lainnya.

Keunggulan

  • USER FRIENDLY, dengan desain yang mudah dimengerti dan digunakan, tampilan yang komunikatif yang dilengkapi dengan touch screen.
  • Dapat juga diakses bagi anda yang belum menjadi nasabah BRI (terbatas pada simulasi, informasi dan promosi saja).

Fasilitas

  • Transfer Antar Rekening BRI
  • Info Saldo
  • Pembayaran
    • KK Bank BRI
    • KK Bank Lain : SCB, ANZ, RBS, HSBC, Citibank
    • Tagihan PLN JAwa, Sumbar, Bali
    • Telepon/Selular : Telkom, Flexi, Kartu Halo, Matrix
    • KTA Bank Lain : SCB, RBS, Citibank, HSBC
  • Top Up Kartu BRIZZI dan Kartu Blitz
  • Transfer saldo kartu Blitz ke online
  • Registrasi SMS Banking
  • Ganti PIN
  • Cetak mutasi 5 transaksi terakhir
  • Simulasi
    • Simulasi Deposito
    • Simulasi Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)
    • Simulasi Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)
  • Informasi
  • Promosi

PERSYARATAN

Nasabah Tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio, atau Simpedes) yang memiliki kartu ATM BRI (BRI Card) dalam status aktif.

Mini ATM BRI

Untuk melayani transaksi perbankan non tunai Anda dan self service, sebagaimana halnya fitur-fitur yang tersedia di ATM, seperti transaksi informasi saldo, informasi mutasi, transfer maupun transaksi pembayaran tanpa uang tunai.

Keunggulan

  • Jaringan yang luas memberikan kemudahan mengakses mini ATM.
  • Dapat diakses oleh pemegang kartu ATM bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Link, Bersama, dan Prima

Fasilitas

  • Informasi Saldo
  • Transfer Antar Rekening BRI
  • Pembayaran Tagihan
    • PLN Jawa
    • Telkom, Flexi, Halo dan Matrix
    • Kartu Kredit BRI
    • SPP UT
  • Pembayaran SIM dan BPKB, Klinik Pengemudi
  • Debit Kartu BRI (Purchase)
  • Aktivasi Kartu
  • Pembelian
    • Pulsa Simpati, Mentari, IM3, XL
    • Paket UT
  • Registrasi E-Banking
  • Penggantian PIN
  • Penyetoran Pinjaman dan Simpanan Kupedes
  • Tarik Tunai Simpanan
  • Aplikasi PUSRI
  • Top Up dan Payment BRIZZI

PERSYARATAN

Nasabah Tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio, atau Simpedes) yang memiliki kartu ATM BRI (BRI Card) dalam status aktif.

EDC Merchant

EDC Merchant adalah Mesin gesek kartu yang dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran (purchase) dengan kartu kredit, kartu debit dan kartu prepaid yang diletakkan di merchants.

Setiap pemasangan EDC di Merchant, maka Merchant akan dikenakan MDR (Merchant Discount Rate) yaitu fee yang dibebankan oleh Acquiring Bank (pemilik EDC) kepada Merchant (pemili usaha) atas setiap transaksi melalui mesin EDC.

Untuk menampung dana hasil transaksi Merchant di EDC BRI, maka Merchant diwajibkan untuk membuka/memiliki rekening Giro atau tabungan.

Manfaat

  • Menambah jumlah transaksi merchant, karena merchant dapat melayani transaksi dengan menggunakan kartu (menjaring customer yang tidak membawa uang tunai)
  • Menambah daya saing merchant dengan merchant yang ada disekitarnya. Karena dapat melayani transaksi tunai dan transaksi dengan menggunakan kartu.
  • Meningkatkan volume penjualan merchant karena dapat menjaring customer yang tidak membawa uang cash/tunai.
  • Sirkulasi Keuangan Merchant akan meningkat hal ini disebabkan karena Merchant dapat melayani transaksi tunai dan transaksi dengan menggunakan kartu.
  • Biaya penanganan uang tunai turun karena transaksi pembayaran Merchant langsung masuk ke no rekening Merchant (cashless payment).

Biaya yang Akan Ditanggung oleh Merchants

  • MDR (Merchant Discount Rate) yang telah disepakati.
  • Biaya kehilangan dan kerusakan yang diakibatkan oleh merchant.

Persyaratan Pengajuan EDC Merchants

Bentuk usaha

Perorangan

Badan Usaha

Kelengkapan dokumen

Fotocopy KTP/passport/kitas/kitap pemilik pengurus

v

v

Fotocopy NPWP

v

v

Fotocopy SIUP/TDP/surat keterangan domisili/surat ijin gangguan (HO)

v

v

Sertifikat kepemilikan/surat keterangan sewa tempat usaha

v

v

Akta pendirian/anggaran dasar

 

v

Formulir permohonan merchant, Perjanjian kerjasama dan surat kuasa (jika diperlukan)

v

v

Pembukaan rekening simpanan BRI (tabungan/Giro)

v

v

*Badan hukum berbentuk PT atau CV / atau yayasan / koperasi

Fitur dan Fasilitas EDC Merchants

  1. Menerima transaksi semua jenis kartu
  • Kartu Kredit BRI (Master dan Visa)
  • Kartu Debit BRI (Master Card)
  • Kartu Debit Private Label BRI (Simpedes dan Junio)
  • Kartu Brizzi
  • Kartu Kredit dan Debit Bank Lain (Mastercard dan Visa)
  1. Pembayaran ke Merchant H+1 Termasuk Hari Libur
  • Pembayaran ke merchant dilakukan H+1 setelah proses settlement dilakukan oleh pihak merchant termasuk hari libur (settlement hari sabtu pembayaran akan dilakukan pada hari minggu)
  • Cut off time untuk upload data umumnya dilakukan sekitar jam 11 malam.  Oleh karena itu jika settlement dilakukan setelah jam 11 malam, maka pembayaran akan ditambah 1 hari lagi karena mengikuti jadwal upload data berikutnya.  Misalnya: settlement hari Senin jam 11.30 malam, upload data mengikuti hari Selasa malam, sehingga pembayaran baru dilakukan pada hari Rabu.

 

Hubungi  Kami

  1. Kantor Cabang BRI terdekat
  2. Call BRI 14017

BRILink

BRILink merupakan perluasan layanan BRI dimana BRI menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online menggunakan fitur EDC miniATM BRI dengan konsep sharing fee.

Produk dan Layanan Agen BRILink sebagai berikut:

  • Laku Pandai menurut POJK No.19/POJK.3/2014 adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor, namun melalui kerjasama dengan pihak lain dan perlu didukung  dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Layanan Laku Pandai tersedia di agen BRILink untuk unbanked/unserved people dalam rangka keuangan inklusif.
  • T-Bank mendukung Layanan Keuangan Digital (LKD) sesuai PBI No.16/8/PBI/2014 dan SE BI No.16/12/DPAU mengenai Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital Dalam Rangka Keuangan Inklusif Melalui Agen Layanan Keuangan Digital Individu. T-Bank adalah produk uang elektronik berbasis server milik BRI yang menggunakan nomor handphone yang didaftarkan sebagai nomor rekening. Layanan T-Bank tersedia di Agen BRILink agar dapat dimanfaatkan bagi masyarakat sebagai “rekening” tabungannya dan diperoleh dengan kemudahan registrasi tanpa harus ke datang ke unit kerja.
  • MiniATM BRI adalah Electronic Data Capture (EDC) yang digunakan untuk melakukan transaksi keuangan non tunai sebagaimana halnya transaksi keuangan non tunai yang disediakan ATM.

1.FITUR DAN FASILITAS

TBANK

  1. Cash In
  2. Cash Out
  3. Report

TUNAI

  1. Setoran Pinjaman
  2. Setoran Simpanan
  3. Tarik Tunai

MINI ATM

  1. Registrasi
    1. Mobile Banking
    2. Internet Banking
  2. Informasi
    1. Saldo Rekening
    2. Mini Statement
    3. Mutasi Rekening
  3. Transfer
    1. Sesama BRI
    2. Antar Bank
    3. Kode Bank
  4. Pembayaran
    1. Telkom
    2. Pasca Bayar: Halo, Matrix
    3. PLN: PLN Prabayar, PLN Pasca Bayar, Cetak Token
    4. Telepon Rumah
    5. Kartu Kredit: BRI, Citibank, HSBC, Standard Chartered, ANZ
    6. Cicilan: FIF, BAF, OTO, WOM, Finansia/ K. Plus, Verena
    7. Zakat: Dompet Dhuafa, YMB
    8. Infaq: Dompet Duafa, YMB
    9. DPLK BRI
    10. Tiket Pesawat: Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air
    11. BRIVA
    12. Pendidikan
  1. Isi Ulang Pulsa:
    1. Simpati – Kartu As
    2. Mentari
    3. IM3
    4. XL
    5. Three
    6. Axis
    7. Esia
    8. Smart
    9. Fren
  2. Setor-Pasti

FASILITAS

  • Fasilitas  T-Bank
  • Setor uang pada nomor telepon seluler
  • Kirim uang ke nomor telepon seluler lain
  • Tarik tunai tanpa kartu di ATM BRI seluruh Indonesia
  • Tarik tunai di Agen BRILink
  • Isi pulsa seluler, isi ulang listrik prabayar dan membayar tagihan listrik*
  • Berbelanja  online pada website merchant e-Pay BRI
  • Berbelanja pada merchant Mocash
  • Fasilitas Laku Pandai
  1. TabunganKu- Basic Saving Account

^ Pembukaan Rekening TabunganKu BSA
 

Fitur TabunganKu :

  • Dalam mata uang Rupiah
  • Dapat diberikan Kartu ATM
  • Maksimum saldo Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah)
  • Maksimum transaksi debet (tarik tunai, transfer) per bulan : Rp 5.000.000 (lima juta rupiah)

Keuntungan :

  • Bebas biaya administrasi tabungan, minimum saldo dan biaya penutupan rekening
  • Dapat diberikan Kartu ATM
  • Bebas biaya transfer sesama BRI
  • Dapat melakukan penarikan maupun penyetoran tabungan di seluruh BRI Unit, Teras BRI, dan Agen Brilink

^ Setor Tunai

^ Tarik Tunai

  1. Rekomendasi/Referral Pinjaman Mikro – Kupedes Rakyat
  • Usaha telah berjalan minimal 6 (enam) bulan.
  • Besar plafond kredit yang diberikan maksimal Rp 20 juta (total eksposur).
  • Suku bunga pinjaman sebesar 1,25% flate/bulan (non-PBTW)
  • Tidak dipungut biaya provisi dan biaya administrasi.
  • Jangka waktu kredit untuk Modal Kerja maksimal 3 Tahun dan untuk Investasi maksimal 5 Tahun.

^ Rekomendasi

^ Setor Pinjaman

  1. Asuransi Mikro – AM-KKM *)

Fasilitas AM-KKM (Asuransi Mikro – Kesehatan, Kecelakaan, dan Meninggal Dunia) dengan pembayaran premi hanya 1 (satu) kali  untuk jangka waktu 1 tahun.

*) Dalam Pengembangan

2.MANFAAT BRILINK

  • Agen
    1. Tambahan sumber pendapatan
    2. Peningkatan image karena di-branding dari BRI
    3. Menambah segmen pelanggan dan potensi cross selling usaha
  • Masyarakat
    1. Dekat dengan domisili sehingga menghemat waktu dan biaya
    2. Bisa bertransaksi tanpa harus dibatasi jam kantor atau hari libur
    3. Bisa “NABUNG” dan “TARIK TUNAI” dengan nominal kecil
    4. Suasana lebih kekeluargaan dan informal

KEUNGGULAN SEBAGAI AGEN BRILINK

  • Tanpa modal alat

  • Bebas biaya sewa bulanan alat *)

  • Dapat melayani pembukaan rekening tabunganku Basic Saving Account (BSA), T-bank, transfer sesama BRI dan antar bank serta fitur transaksi lainnya (bayar listrik, telepon, cicilan, beli pulsa, dan lainnya)

  • Fee yang diberikan kompetitif

*) syarat dan ketentuan berlaku

3.KETENTUAN AGEN

Persyaratan untuk menjadi Agen BRILink:

  • Perseorangan / Instansi non berbadan hukum
  • Memiliki usaha min 2 tahun
  • Memiliki rekening simpanan berkartu di BRI (menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,-) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen,  atau;
  • Memiliki rekening pinjaman di BRI (tanpa harus menyetor uang jaminan) dengan kolektibilitas Lancar selama 6 bulan terakhir
  • Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa)
  • Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai

Persyaratan dokumentasi pengajuan Agen BRILink:

  1. Fotocopy Dokumen Identitas Pemilik:
    1. KTP  pemilik / pengurus
    2. NPWP pemilik (untuk badan usaha)
  2. Fotocopy Dokumen Legalitas Usaha:
    1. Surat Keterangan Usaha minimal dari RT/RW, atau
    2. SIUP, SITU, TDP (untuk agen berbadan usaha)
    3. Akte Pendirian (untuk agen badan usaha berbadan hukum)
    4. Izin Usaha lainnya
  3. Fotocopy Bukti Kepemilikan Rekening: Buku Tabungan / Rekening Koran
  4. Dokumen pengajuan Agen BRILink:
    1. Formulir Pengajuan Agen BRILink
    2. Perjanjian Kerjasama BRILinK
  5. Ajukan kelengkapan dokumen ke Unit kerja BRI terdekat

4.HOTLINE COMPLAIN HANDLING

  • Hubungi melalui line telepon di 1500274 (tarif lokal)
  • Hubungi melalui line telepon di 14017 (tarif lokal)
  • Hubungi melalui web  chat BRI di Website resmi BRI (Bebas Biaya) via http://www.BRI.co.id/contactus

Tbank

  1. Ketentuan Umum Tbank

a.    Tbank adalah produk uang elektronik berbasis server milik Bank BRI yang menggunakan nomor handphone pengguna sebagai nomor rekening.

b.     Tbank bukan merupakan tabungan

c.     Regisrasi Tbank terbagi menjadi semi registered dan full registered.

d.     Registrasi Semi (semi registered) dilakukan dengan mengirimkan data identitas nasabah melalui media handphone pemegang ke server Bank BRI.

e.     Registrasi Penuh (full registered) dilakukan dengan mendatangi unit kerja BRI atau agen BRILink, mengisi dan menandatangani formulir registrasi Tbank dan menyerahkan copy identitas (KTP/SIM/Lainnya) nasabah.

f.     Pemegang Tbank bertanggung jawab atas kebenaran data pendaftaran/registrasi yang diisikan melalui sms (aplikasi) maupun melalui formulir.

g.    Seluruh nomor handphone GSM dapat menjadi nomor rekening Tbank.

h.    Pemegang Tbank wajib merahasiakan Personal Identification Number (PIN), One Time Password (OTP) maupun kode akses Tbank

i.      Penyalahgunaan atas nomor handphone, PIN serta OTP dan kode akses merupakan tanggung jawab pemegang Tbank.

  1. Registrasi

a.    Pendaftaran Semi Registered

1)    Ketentuan

a)    Semi registered adalah jenis Tbank yang pendaftarannya dilakukan melalui aplikasi BRI Mobile pada menu Tbank dengan mengisikan data yang dibutuhkan sesuai dengan format yang telah ditentukan.

b)    Nomor handphone pendaftar langsung aktif sebagai nomor rekening Tbank dan pendaftar akan menerima SMS berisi PIN yang akan digunakan untuk bertransaksi.

c)     Pemegang Tbank dapat mengisikan saldonya langsung melalui agen BRILink, EDC BRI dan Mobile Banking BRI.

d)    Pemegang Tbank dapat melakukan transaksi pembayaran, pembelian dan belanja.

e)    Pemegang Tbank tidak dapat melakukan transaksi penarikan tunai (baik melalui agen BRILink maupun ATM) dan transfer dana.

f)     Pengguna Tbank tidak dapat melakukan transaksi penarikan tunai (baik melalui agen maupun ATM) dan transfer dana.

2)    Proses Registrasi

a)    Buka aplikasi BRI Mobile

b)    Pilih menu Tbank

c)     Pilih menu Registrasi

d)    Masukkan nama, nomor identitas (KTP/SIM/Lainnya), dan tanggal lahir

e)    Tunggu Konfirmasi SMS dari 3300 untuk mendapatkan PIN

 

b.    Pendaftaran Full Registered

1)    Ketentuan

a)    Full registered adalah jenis Tbank yang pendaftarannya dilakukan di unit kerja Bank BRI atau agen BRILink.

b)    Pembukaan Tbank full registered berlaku untuk calon pemegang Tbank maupun pemegang Tbank semi registered dengan mengisi dan menandatangani formulir registrasi/pendaftaran pada saat melakukan pendaftaran

c)     Pendaftar wajib menunjukkan identitas asli (KTP/SIM/Lainnya).

d)    Nomor handphone pendaftar langsung aktif sebagai nomor rekening Tbank dan pendaftar akan menerima SMS berisi PIN yang akan digunakan untuk bertransaksi.

e)    Pengguna Tbank dapat melakukan transaksi pembayaran, pembelian, belanja, tarik tunai dan transfer dana.

2)    Proses Registrasi

a)    Mengisi form registrasi/pendaftaran di unit kerja Bank BRI atau di agen BRILink

b)    Menyerahkan copy identitas (KTP/SIM?Kartu Pelajar) dan menginformasikan nomor handphone yang aktif

c)     Customer service/petugas BRI akan melakukan verifikasi dan memasukkan data Tbank pada sistem BRI

d)    Pemegang Tbank akan mendapat sms notifikasi berisi PIN Tbank

 

  1. Tarif

Tarif Tbank                                                  

a.     Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

b.     Biaya transaksi adalah biaya sms yang dikenakan oleh operator masing-masing provider.

c.     Biaya transaksi tergantung jenis fitur yang digunakan.

d.     Tarif transaksi Tbank

No

Keterangan

Tarif

1

Setor Tunai melalui agen

Rp. 3.500,- (maksimal)

2

Tarik Tunai melalui agen

Rp. 3.500,- (maksimal)

3

Cek Saldo

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

4

Bayar Mocash

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

5

Kirim Uang sesame Tbank

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

6

Kirim Uang Dari Brifast

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

7

Minta Kode Akses

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

8

Cek Agen

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

9

Isi Ulang Simpati / AS

Rp. 1.500,- + Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

10

Isi Ulang Indosat

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

11

Isi Ulang XL/Axis

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

12

Isi ulang Smartfren

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

13

Isi ulang Esia

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

14

Isi Ulang Three

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

15

Ubah PIN

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

16

Registrasi

Biaya SMS sesuai ketentuan operator seluler

 

 

  1. Limitasi

Limitasi Tbank

a.     Batas maksimum saldo semi registered Rp 1.000.000,-.

b.     Batas maksimum saldo full registered Rp 5.000.000,-.

c.     Batas keseluruhan (akumulasi) transaksi dalam satu bulan Rp 20.000.000,-.

d.     Batas maksimum topup saldo adalah Rp. 1.000.000,-/hari

 

  1. Penanganan Keluhan Tbank

a.     Dalam hal Pemilik Tbank akan menyampaikan keluhan/pengaduan kepada Bank BRI sehubungan dengan penggunaan Tbank, dapat dilakukan di unit kerja BRI terdekat atau melalui call center BRI (14017 / 1500017).

b.     Penyampaian keluhan/pengaduan melalui unit keja BRI harus dilampiri dengan fotocopy identitas diri pemegang Tbank dan dokumen pendukung lainnya.

c.     Bank BRI menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Bank BRI, selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak Bank BRI menerima keluhan/pengaduan secara lengkap.

 

  1. Promo Tbank

Promo yang terkait produk Tbank dapat dilihat pada portal http://promo.bri.co.id/

 

A.   Cara Penggunaan Fitur Tbank

 

  1. Tarik Tunai di ATM

Sebelum melakukan penarikan tunai di ATM pemakai harus meminta kode akses melalui aplikasi BRI Mobile – Menu Tbank - fitur Minta Kode Akses. Tarik tunai dapat dilakukan di ATM bermerk Hyosung dan NCR serta berlayar logo Tbank dengan menekan tombol kanan bawah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a.     Tekan tombol kanan bawah pada layar ATM.

b.     Masukkan PIN Tbank.

c.     Masukkan kode akses.

d.     Masukkan nomor handphone.

e.     Masukkan nominal penarikan tunai.

 

  1. Belanja di Merchant EDC

Fitur ini digunakan untuk melakukan pembayaran belanja dengan menggunakan Tbank

a.     Pilih menu Tbank di mesin EDC

b.     Pilih menu Belanja

c.     Masukkan nomor handphone di mesin EDC

d.     Masukkan kode akses

e.     Masukkan jumlah nominal yang dibayarkan

 

  1. Bayar Belanja di Merchant Mocash dengan Memindai QR Code

a.     Buka aplikasi BRI Mobile dan pilih menu BRI QR.

b.     Muncul layar scan, arahkan ke QR Code Merchant Mocash untuk memindai.

c.     Muncul layar konfirmasi transaksi, masukkan jumlah yang akan dibayar.

d.     Jika nasabah belum pernah log in, maka akan muncul layar login, masukkan nomor HP terdaftar Tbank dan PIN.

e.     Muncul layar syarat dan ketentuan yang berlaku dan harus disetujui nasabah jika ingin menggunakan layanan tersebut.

f.      Pemegang Tbank akan mendapatkan OTP dari Bank BRI, kemudian masukkan OTP.

g.     Muncul kembali layar konfirmasi transaksi, masukkan jumlah pembayaran kemudian tekan “bayar dengan Tbank”.

h.     Transaksi berhasil, merchant mendapatkan sms notifikasi berhasil.

i.      Transaksi berikutnya tidak perlu melakukan login kembali kecuali pemegang Tbank melakukan logout.

 

  1. Top Up Saldo Tbank di Mobile Banking

Fitur ini digunakan untuk menambah / top up saldo rekening Tbank

a.     Pilih menu Mobile Banking di aplikasi BRI Mobile

b.     Pilih menu Isi Ulang

c.     Pilih Tbank

d.     Masukkan nomor handphone

e.     Masukkan jumlah nominal

f.      Masukkan PIN

 

  1. Info Saldo

Fitur ini digunakan untuk mengetahui saldo Tbank terakhir

a.     Pilih menu Tbank di aplikasi BRI Mobile

b.     Pilih Info Saldo

c.     Masukkan PIN

  1. Info Mutasi Rekening

Fitur ini digunakan untuk melihat mutasi rekening / daftar transaksi Tbank yang sudah dilakukan

a.     Pilih menu Tbank di aplikasi BRI Mobile

b.     Pilih Info Mutasi Rekening

c.     Masukkan PIN

 

  1. Bayar Mocash

Fitur ini digunakan untuk melakukan pembayaran kepada merchant mobile cash (mocash)

a.     Pilih menu Tbank di aplikasi BRI Mobile

b.     Pilih Bayar

c.     Pilih Bayar dengan Mocash

d.     Masukkan Store ID, jumlah pembayaran dan order ID

e.     Masukkan PIN

 

  1. Kirim Uang Sesama Tbank

Fitur ini digunakan untuk mengirimkan uang ke sesama rekening Tbank.

a.     Pilih menu Tbank di aplikasi BRI Mobile

b.     Pilih Kirim Uang

c.     Pilih Sesama Tbank

d.     Masukkan nomor handphone penerima dan nominal transfer

e.     Masukkan PIN

 

  1. Kirim Uang dari BRIFAST

Fitur ini digunakan untuk menerima uang hasil pengiriman uang melalui BRIfast ke rekening Tbank

a.     Pilih menu Tbank di aplikasi BRI Mobile

b.     Pilih Kirim Uang

c.     Pilih Dari BRIfast

d.     Masukkan nomor referensi BRIfast, nomor identitas, nominal transfer

e.     Masukkan PIN

 

  1. Minta Kode Akses

Fitur ini digunakan untuk meminta SMS berisi password (kode akses) yang diperlukan untuk melakukan transaksi di electronic channel lain (ATM, Agen BRILink, Merchant offline/EDC, Merchant Online).

a.     Pilih menu Tbank di aplikasi BRI Mobile

b.     Pilih Minta Kode Akses

c.     Masukkan PIN

 

  1. Cek Agen

Fitur ini digunakan untuk mengecek keabsahan Agen BRILink (kesesuaian kode agen dengan nama dan alamat agen). Nomor agen (8 angka terakhir) tertera pada signage (tanda) agen BRILink dan pada struk EDC agen BRILink.

a.     Pilih menu Tbank di aplikasi BRI Mobile

b.     Pilih Cek Agen

c.     Masukkan Kode Agen

d.     Menerima SMS berisi data agen

 

  1. Isi Ulang

Fitur ini digunakan untuk membeli pulsa telepon seluler.

a.     Pilih menu Tbank di aplikasi BRI Mobile

b.     Pilih Isi Ulang

c.     Pilih Pulsa

d.     Pilih provider, masukkan nomor handphone dan pilih denominasi

e.     Masukkan PIN

 

  1. Ubah PIN

Fitur ini digunakan untuk mengubah PIN lama menjadi PIN baru.

a.     Pilih menu Tbank di aplikasi BRI Mobile

b.     Pilih Ubah PIN

c.     Masukkan PIN Tbank Baru dan ulangi PIN Tbank Baru

d.     Masukkan PIN

  1. Unregistrasi Tbank

Untuk melakukan penutupan akun Tbank, nasabah datang ke unit kerja BRI terdekat dengan membawa data nasabah dan mengisi formulir.

 

B.   Ketentuan Penggunaan

  1. Nomor ponsel pemegang Tbank adalah nomor ponsel nasabah yang terdaftar di sistem BRI. Selanjutnya nomor ponsel pemegang Tbank tersebut akan digunakan sebagai salah satu sarana otorisasi transaksi.
  2. Pemegang Tbank wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor ponsel milik sendiri. Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor ponsel milik pihak lain menjadi tanggung jawab pemegang Tbank sepenuhnya dan pemegang Tbank dengan ini membebaskan BRI dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/ atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
  3. Pemegang Tbank bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan nomor ponsel yang terdaftar, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan atas nomor ponsel tersebut.
  4. Pemegang Tbank dapat menggunakan Tbank dan bertransaksi melalui handphone dan/atau melalui sarana lain sesuai ketentuan yang berlaku di BRI.
  5. Nasabah wajib melakukan peningkatan versi (upgrade) menu Tbank pada aplikasi BRI Mobile atas permintaan BRI.
  6. Kelalaian Nasabah dalam melakukan peningkatan versi (upgrade) menu Tbank mengakibatkan Nasabah tidak dapat menggunakan menu Tbank atau hanya dapat mengakses fitur tertentu di menu Tbank
  7. Dalam melakukan transaksi, pemegang Tbank harus memasukkan PIN sebagai otorisasi transaksi. Sedangkan dalam melakukan transaksi pembayaran Mocash dengan memindai QR Code, sepanjang nasabah tidak melakukan logout, maka nasabah tidak perlu melakukan login dan tidak perlu memasukkan nomor handphone dan PIN kembali.
  8. Pemegang Tbank wajib menjaga kerahasiaan PIN. Pemegang Tbank bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan PIN, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan PIN.
  9. Pemegang Tbank akan dikenakan biaya pengiriman Short Message Service (SMS) untuk setiap transaksi yang memerlukan SMS. Besarnya biaya SMS adalah sesuai dengan yang ditentukan oleh Operator Seluler.
  10. Dalam hal SIM Card handphone pemegang Tbank dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai akun Tbank dicuri atau hilang, maka pemegang Tbank wajib untuk secepatnya menghubungi unit kerja BRI atau melalui Call Center BRI 14017 / 1500017.
  11. Setiap pemberitahuan mengenai pencurian atau kehilangan SIM Card ponsel pemegang Tbank dengan nomor handphone yang terdaftar sebagai akun Tbank, akan diikuti dengan pemblokiran oleh BRI terhadap akun Tbank yang bersangkutan. Pemblokiran tersebut akan tetap dilakukan oleh BRI sampai BRI menerima permohonan pembukaan pemblokiran atas akun Tbank dari pemegang Tbank. Selama pemberitahuan pencurian atau kehilangan belum diterima oleh BRI, maka setiap transaksi yang dilakukan dengan nomor handphone yang terdaftar sebagai akun Tbank yang dicuri atau hilang menjadi tanggung jawab pemegang Tbank sepenuhnya.
  12. Permohonan pembukaan pemblokiran atas akun Tbank milik pemegang Tbank yang dilaporkan hilang SIM Card-nya dengan nomor handphone yang terdaftar sebagai akun Tbank tersebut dapat diajukan oleh pemegang Tbank ke unit kerja BRI. BRI berhak untuk melakukan verifikasi atas identitas pemegang Tbank pada saat pemegang Tbank mengajukan permohonan pembukaan pemblokiran atas akun Tbank.
  13. Dana yang ada di Tbank bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang mengenai perbankan sehingga dana yang tersimpan pada Tbank tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  14. Dana di Tbank tidak mendapatkan bunga serta tidak dikenakan pajak dan biaya administrasi.
  15. Apabila terdapat perbedaan antara saldo pada Tbank dengan saldo atau catatan yang tercatat pada pembukuan BRI, maka sebagai acuan dipergunakan saldo atau catatan yang tercatat pada pembukuan BRI, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya.
  16. BRI berhak menentukan saldo minimum atau maksimum Tbank dan pembatasan nominal transaksi yang akan diberitahukan oleh BRI kepada pemegang Tbank dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.
  17. Pemegang Tbank wajib memberitahukan secara tertulis kepada BRI apabila terdapat perubahan data pemegang Tbank.
  18. BRI berhak melakukan koreksi atas saldo pemegang Tbank jika terjadi kesalahan posting yang dilakukan oleh BRI.
  19. Proses penghapusan pendaftaran akun Tbank dapat dilakukan oleh pemegang Tbank melalui Unit Kerja BRI.
  20. Data terkait Tbank di BRI akan disimpan BRI sesuai ketentuan yang berlaku.
  21. Dengan membuka akun Tbank, maka pemegang Tbank tunduk dan menyetujui ketentuan-ketentuan ini. BRI berhak untuk mengubah ketentuan-ketentuan terkait Tbank yang akan diberitahukan oleh BRI dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

 

C.   Penanganan Keluhan (Pengaduan)

 

  1. Keluhan/pengaduan kepada BRI sehubungan dengan Tbank BRI dapat disampaikan oleh pemegang Tbank kepada Unit Kerja BRi atau melalui Contact Center BRI (14017 / 1500017). Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BRI berhak meminta pemegang Tbank untuk menyerahkan fotocopy identitas diri Nasabah dan dokumen pendukung lainnya.
  2. BRI akan menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  3. BRI berhak menolak melayani keluhan Nasabah yang disampaikan kepada BRI setelah 3 (tiga) bulan atau lebih sejak tanggal Transaksi.

Ketentuan bagi Pengguna Mocash

 

A.   Penjelasan

 

  1. Ketentuan Umum

a.    Mocash adalah suatu fitur pembayaran belanja BRI dengan cara mengisikan store id milik merchant Mocash dan mengisikan nominal jumlah pembayaran serta order ID dengan menggunakan sumber dana tabungan / giro atau sumber dana uang elektronik.

b.     Store Id adalah nomor merchant / agen yang diberikan oleh BRI sebagai nomor identitas yang dapat digunakan sebagai media transaksi pembayaran

c.     Nominal adalah jumlah pembayaran dari transaksi Mocash

d.    Order Id adalah nomor referensi yang diisikan oleh nasabah sebagai nomor identifikasi lain dari transaksi oleh merchant atau agen

e.    Seluruh nomor handphone GSM dapat didaftarkan sebagai media pembayaran bagi pengguna Mocash yaitu dengan meregistrasikan Mobile Banking dan Tbank BRI.

f.     Pengguna Mocash wajib merahasiakan PIN, OTP maupun kode akses

g.    Penyalahgunaan atas nomor Handphone (yang diregistrasikan fasilitas Mobile Banking atau Tbank) dan PIN serta OTP maupun kode akses merupakan tanggung jawab pengguna Mocash.

 

  1. Registrasi

a.     Syarat menjadi pengguna Mocash BRI :

1)    Nasabah Tabungan BRI (BritAma atau Simpedes atau giro) yang memiliki kartu BRI dalam status aktif

2)    Memiliki Handphone dengan simcard operator yang telah kerjasama dengan BRI (Telkomsel, Indosat, XL/AXIS, Three, dan Smartfren)

3)    Atau memiliki akun Tbank pada simcard operator yang telah bekerja sama dengan BRI (Telkomsel, Indosat, XL/AXIS, Three, dan Smartfren)

b.     Untuk dapat bertransaksi Mocash melalui layanan Mobile Banking maka pengguna terlebih dahulu harus :

1)    Memiliki kartu Debit BRI

2)    Melakukan registrasi finansial Layanan Mobile Banking di ATM, miniATM dan Unit kerja BRI

3)    Memiliki PIN Mobile Banking

c.     Untuk dapat bertransaksi Mocash melalui layanan Tbank maka pengguna terlebih dahulu harus :

1)    Melakukan registrasi Tbank (baik semi registered melalui aplikasi BRI Mobile maupun full registered pada unit kerja BRI)

2)    Memiliki smartphone dengan simcard operator yang telah bekerja sama dengan BRI

3)    Memiliki PIN Tbank

d.     Untuk dapat bertransaksi Mocash melalui layanan Tbank , ketentuan dan petunjuk penggunaan disampaikan terpisah

 

  1. Tarif

Tarif Mocash

Biaya transaksi bagi pengguna Mocash adalah biaya sms yang dikenakan oleh operator masing-masing provider.

 

  1. Limitasi

Limitasi Mocash

Dengan menggunakan Tbank, batas keseluruhan (akumulasi) transaksi dalam satu bulan adalah sebesar  Rp 20.000.000,-. Limit akumulasi untuk pembayaran tagihan termasuk Mocash maksimal sebesar Rp. 100.000.000,- / hari.

B.   Cara Bertransaksi

  1. Pembayaran Mocash dengan Sumber Dana Tabungan

Tanpa Konfirmasi

a.     Buka aplikasi BRI Mobile dan pilih menu Mobile Banking

b.     Pilih “Mocash”, pilih “Mocash BRI”

c.     Pilih “Tanpa Konfirmasi”, masukkan Store ID, jumlah pembayaran, dan Oder ID

d.     Masukkan PIN Mobile Banking untuk dikirim ke 3300

e.     Mendapat notifikasi transaksi berhasil dari 3300.

f.      Merchant mendapatkan sms notifikasi transaksi berhasil

 

Dengan Konfirmasi

a.     Buka aplikasi BRI Mobile dan pilih menu Mobile Banking

b.     Pilih “Mocash”, pilih “Mocash BRI”

c.     Pilih “Konfirmasi”, masukkan Store ID, jumlah pembayaran, dan Oder ID

d.     Masukkan PIN Mobile Banking untuk dikirim ke 3300

e.     Mendapat notifikasi konfirmasi dari 3300, ketik Ya (spasi) nomor transaksi untuk dikirim ke 3300 untuk memverifikasi transaksi.

f.      Nasabah dan merchant mendapatkan sms notifikasi transaksi berhasil

 

  1. Pembayaran Mocash dengan Sumber dana Uang Elektronik Tbank

Dengan Mekanisme memasukkan store ID

a.     Buka aplikasi BRI Mobile dan pilih menu Tbank

b.     Pilih “BAYAR”, pilih “BAYAR DENGAN MOCASH”

c.     Masukkan Store ID, jumlah pembayaran, dan Oder ID

d.     Masukkan PIN untuk dikirim ke 3300

e.     Mendapat notifikasi transaksi berhasil dari 3300.

f.      Merchant mendapatkan sms notifikasi transaksi berhasil

                          

Bayar Belanja di Merchant Mocash dengan Memindai QR Code

a.     Buka aplikasi BRI Mobile dan pilih menu BRI QR.

b.     Muncul layar scan, arahkan ke QR Code Merchant Mocash untuk memindai.

c.     Muncul layar konfirmasi transaksi, masukkan jumlah yang akan dibayar.

d.     Jika nasabah belum pernah log in, maka akan muncul layar login, masukkan nomor HP terdaftar Tbank dan PIN.

e.     Muncul layar syarat dan ketentuan yang berlaku dan harus disetujui nasabah jika ingin menggunakan layanan tersebut.

f.      Pemegang Tbank akan mendapatkan OTP dari Bank BRI, kemudian masukkan OTP.

g.     Muncul kembali layar konfirmasi transaksi, masukkan jumlah pembayaran kemudian tekan “bayar dengan Tbank”.

h.     Transaksi berhasil, Merchant mendapatkan sms notifikasi berhasil.

i.      Transaksi berikutnya tidak perlu melakukan login kembali kecuali pemegang Tbank melakukan logout.

 

  1. Pembayaran Mocash Pertamina LPG dengan Sumber Dana Tabungan

Tanpa Konfirmasi

a.     Buka aplikasi BRI Mobile dan pilih menu Mobile Banking

b.     Pilih “Mocash”, pilih “MOCASH PERTAMINA LPG”

c.     Pilih “Tanpa Konfirmasi”, masukkan Store ID Agen LPG, jumlah pembayaran, Kode / ID Pangkalan, Jumlah Tabung LPG dan Tanggal Pengiriman

d.     Masukkan PIN Mobile Banking untuk dikirim ke 3300

e.     Mendapat notifikasi transaksi berhasil dari 3300.

f.      Merchant mendapatkan sms notifikasi transaksi berhasil

 

Dengan Konfirmasi

a.     Buka aplikasi BRI Mobile dan pilih menu Mobile Banking

b.     Pilih “Mocash”, pilih “MOCASH PERTAMINA LPG”

c.     Pilih “Konfirmasi”, masukkan Store ID Agen LPG, jumlah pembayaran, Kode / ID Pangkalan, Jumlah Tabung LPG dan Tanggal Pengiriman

d.     Masukkan PIN Mobile Banking untuk dikirim ke 3300

e.     Mendapat notifikasi konfirmasi dari 3300, tekan Ya (spasi) nomor transaksi untuk dikirim ke 3300 untuk memverifikasi transaksi.

f.      Nasabah dan merchant mendapatkan sms notifikasi transaksi berhasil.

 

C.   Ketentuan Penggunaan

  1. Nomor ponsel yang didaftarkan sebagai pengguna Mocash adalah nomor ponsel Nasabah yang digunakan pada smartphone / HP lainnya yang digunakan untuk bertransaksi pembayaran Mocash dan atau mendapatkan notifikasi transaksi.
  2. Nasabah wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor ponsel milik Nasabah sendiri. Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor ponsel milik pihak lain menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya dan Nasabah dengan ini membebaskan BRI dari segala macam tuntutan, gugatan, dan/ atau tindakan hukum lainnya dari pihak manapun.
  3. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan nomor ponsel Nasabah, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan atas nomor ponsel Nasabah tersebut.
  4. Nasabah wajib menjaga kerahasiaan PIN. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan PIN, termasuk dalam hal terjadi penyalahgunaan PIN.
  5. Nasabah akan dikenakan biaya pengiriman Short Message Service (SMS) untuk setiap transaksi yang memerlukan SMS. Besarnya biaya SMS adalah sesuai dengan yang ditentukan oleh Operator Seluler.
  6. Dalam hal SIM Card ponsel Nasabah dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor akun Tbank / nomor teregistrasi Mobile Banking dicuri atau hilang, maka Nasabah wajib untuk secepatnya menghubungi Call Center BRI 14017 / 1500017.
  7. Setiap pemberitahuan mengenai pencurian atau kehilangan SIM Card ponsel Nasabah dengan nomor ponsel yang terdaftar sebagai nomor akun Tbank / nomor teregistrasi Mobile Banking, akan diikuti dengan pemblokiran oleh BRI terhadap nomor yang bersangkutan. Pemblokiran tersebut akan tetap dilakukan oleh BRI sampai BRI menerima permohonan pembukaan pemblokiran atas fasilitas tersebut dari Nasabah. Selama pemberitahuan pencurian atau kehilangan belum diterima oleh BRI, maka setiap Transaksi yang dilakukan dengan nomor ponsel yang terdaftar yang dicuri atau hilang menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
  8. Permohonan pembukaan pemblokiran atas nomor terdaftar milik Nasabah yang dilaporkan hilang SIM Card-nya dengan nomor ponsel yang terdaftar tersebut dapat diajukan oleh Nasabah ke unit kerja BRI. BRI berhak untuk melakukan verifikasi atas identitas Nasabah pada saat Nasabah mengajukan permohonan pembukaan pemblokiran atas nomor terdaftar tersebut.
  9. Nasabah wajib memberitahukan secara tertulis kepada BRI apabila terdapat perubahan data Nasabah.
  10. Proses penghapusan pendaftaran sebagai pengguna Mocash dapat dilakukan oleh Nasabah melalui Unit Kerja BRI.
  11. Dengan menggunakan layanan Mocash, maka Nasabah tunduk dan menyetujui ketentuan-ketentuan ini. BRI berhak untuk mengubah ketentuan-ketentuan terkait Mocash yang akan diberitahukan oleh BRI dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

 

D.   Penanganan Keluhan (Pengaduan)

  1. Keluhan / pengaduan kepada BRI sehubungan dengan Mocash BRI dapat disampaikan oleh Nasabah pengguna Mocash kepada Contact Center BRI (14017 / 1500017). Untuk keperluan penanganan keluhan/pengaduan tersebut, BRI berhak meminta Nasabah pengguna Mocash untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Nasabah dan dokumen pendukung lainnya.
  2. Bank BRI menanggapi keluhan tersebut sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Bank BRI, selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak Bank BRI menerima keluhan / pengaduan secara lengkap atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. BRI berhak menolak melayani keluhan Nasabah yang disampaikan kepada BRI setelah 3 (tiga) bulan atau lebih sejak tanggal transaksi atau sesuai ketentuan BRI yang berlaku.