BRI Gandeng Komunitas Kembangkan Aplikasi Perbankan Untuk UMKM dan Inklusi Keuangan

Friday, 12 August 2016

Jakarta, 12 Agustus 2016 Industri perbankan di era digital harus bergerak cepat. Dengan penetrasi internet yang semakin luas dan semakin mobile, Bank BRI terus berinovasi mengembangkan solusi perbankan digital untuk masyarakat dari perkotaan sampai ke pelosok. Untuk semakin mempermudah layanan keuangan bagi masyarakat luas, BRI menggandeng komunitas digital dan pelaku usaha rintisan (startup) Indonesia dengan menggelar BRI Digital Challenge bersama Tech In Asia dan IBM. BRI Digital Challenge dimulai hari ini dengan acara Meetup Digital Challenge di mana para pelaku start up dan developer mendapat penjelasan tentang rangkaian kegiatan BRI Digital Challenge yang berlangsung selama tiga bulan sejak Agustus sampai Oktober 2016.  Untuk peminat BRI Digital Challenge bisa mengajukan solusi digital mereka dan mendaftar melalui bridigitalchallenge.id mulai tanggal 19 Agustus 2016 hingga awal September 2016.

Setelah periode pendaftaran ditutup nantinya akan dilakukan seleksi untuk menentukan 121 solusi terpilih. Angka 121 disesuaikan dengan usia BRI yang mencapai 121 tahun pada tahun 2016 ini.  Selanjutnya, peserta terpilih akan mengikuti workshop sebelum acara puncak BRI Digital Challenge di bulan Oktober 2016 yang memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah. Dewan juri akan berasal dari BRI, IBM, dan para praktisi digital.  Para peserta BRI Digital Challenge juga akan didukung dengan platform IBM Bluemix (Digital Innovation Platform) yang akan semakin memudahkan peserta untuk bisa bebas berkreasi dalam membuat aplikasi.  

Dalam BRI Digital Challenge ini, Bank BRI, Tech in Asia dan IBM memberikan sejumlah tantangan bagi para pelaku startup berbasis teknologi. Perkembangan dunia digital yang sangat dinamis telah merubah gaya hidup masyarakat pada umumnya. Generasi saat ini cenderung terhubung dengan sosial media sejak bangun tidur sampai dengan mereka beristirahat. Oleh sebab itu, munculah istilah C-Generation (Generasi C) dengan mengkonotasikan generasi yang senang terkoneksi (connected) dengan lingkungan sosialnya, senang berkomunikasi (communicate), dan senang dengan perubahan atau hal-hal yang baru (change). Kehidupan generasi C yang tidak bisa dilepaskan dari personal komputer, telepon pintar, internet, dan media sosial telah menggeser kebiasaan-kebiasaan lama sehingga tentunya akan berdampak pada praktik di dunia usaha terlebih lagi dunia perbankan yang sangat lekat dengan teknologi.

Tantangan pertama mencari solusi untuk pembangunan UMKM di Indonesia.  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang jumlahnya mencapai 56,53 juta usaha mewakili 99.99% dari total usaha (usaha Korporasi/Besar hanya 0.01%) namun kontribusi UMKM pada produk domestik bruto (PDB) hanya menyumbang 35.81% dari PDB, padahal UMKM menyerap 97.16% dari tenaga kerja di Indonesia.  Permasalahan yang dihadapi antara lain akses permodalan, akses informasi untuk jaringan pemasaran produk dan jasa yang dihasilkan serta akses untuk bahan atau material mentah yang digunakan dalam proses produksi. Tidak hanya itu, permasalahan lainnya yang dihadapi adalah akses informasi untuk meningkatkan kemampuan, kompetensi dan pengetahuan para pelaku UMKM dalam berbisnis.  Belum lagi pengintegrasian bisnis dari hulu ke hilir (value chain) yang melibatkan mulai dari korporasi besar, usaha menengah dan kecil hingga ke usaha mikro.

Selain itu, peserta juga mendapat tantangan untuk mengembangkan teknologi yang membuka peluang terwujudnya cashless society.  Melalui penggunaan uang elektronik dan layanan online banking  diharapkan mampu meningkatkan aktivitas ekonomi, mengurangi jumlah uang fisik yang beredar, maupun menawarkan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan.  Solusi atas hal-hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses bisnis dan iklim usaha yang akhirnya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

 

Tentang PT Bank Rakyat Indonesia (PERSERO), Tbk

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, merupakan bank terbesar di Indonesia dengan kinerja terbaik. Menutup tahun 2015 ini, Bank BRI telah berhasil mencatatkan angka gemilang dalam industri perbankan, yaitu dengan membukukan laba bersih sebesar Rp. 25,2 triliun, tumbuh sebesar 4,3 % jika dibandingkan penutupan tahun 2014, yang terbuku sebesar Rp.24,1 triliun.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dalam bertransaksi, Bank BRI terus mengembangkan jaringan unit kerja baik konvensional dan e–channel. Dalam kurun waktu 1 tahun atau sejak Desember 2014 hingga Desember 2015, BRI telah menambah sedikitnya 216 unit kerja konvensional, baik itu dalam bentuk Kantor Wilayah, Kantor Cabang, hingga Teras BRI keliling.

Berdasarkan data laporan kinerja keuangan Triwulan 1 Bank BRI, pada Maret 2016, BRI memiliki 10,612  jaringan kerja konvensional, yang terdiri dari 8.539 jaringan mikro, termasuk Teras BRI dan Teras BRI Keliling, 983 Kantor Kas, 603 KCP, 467  Kantor Cabang, serta 19 Kantor Wilayah yang kesemuanya terhubung secara real time online. Sementara itu, peningkatan jumlah jaringan elektronik/e-channelBRI didominasi oleh peningkatan jumlah Electronic Data Capture (EDC) yang berjumlah 213,198 unit, serta Automatic Teller Machine (ATM) yang berjumlah 22.792 unit. Untuk mengoptimalkan jaringan dan pemanfaatan teknologi terkini guna mendukung pertumbuhan bisnis perbankan, BRI telah melakukan peluncuran Satelit Perbankan pertama dan satu-satunya di dunia, yakni BRIsat yang telah diluncurkan pada tanggl 18 Juni 2016 (waktu Kourou), di Kourou, French Guiana.

Tentang Tech in Asia

Tech in Asia (YC W15) adalah adalah komunitas online untuk ekosistem Asia khususnya di indonesia. Di sini kamu bisa mengetahui hal terbaru seputar industri teknologi, membagikan opini, dan juga terhubung dengan berbagai startup. Kami mencari bibit potensial dan unik untuk mengembangkan komunitas dan kultur startup di Asia, terutama Indonesia.

Lebih lanjut mengenai Tech in Asia dapat mengakses id.techinasia.com atau akun Facebook Tech in Asia ID dan twitter @techinasia_ID

Tentang IBM

IBM Indonesia telah beroperasi sejak tanggal 26 Mei 1937 dan telah berevolusi menjadi yang terdepan dalam teknologi dan berkembang menjadi pempimpin dalam Cloud, Analytics, Mobile, Social dan Security. Saat ini, IBM Indonesia beroperasi di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan untuk melayani lebih dari 1.000 pelanggan dalam dan luar negri mulai dalam skala besar hinggal usaha kecil menengah. Kami bermitra dengan 100 mitra usaha yang tersebar di 10 kota, dan berinvestasi pada sumberdaya secara signifikan untuk membangun agen-agen setempat dan lebih dari 500 resellers.

KURSBELIJUAL
USD13,270.0013,370.00
AUD10,455.8510,624.66
CHF13,652.9113,859.67
EUR15,805.5616,025.51
GBP17,967.4518,211.28

*Last update 9/22/2017 08.08 WIB - Untuk transaksi kurang dari eq. USD 2.500

Saham BRI 26/09/17
Last14,500
+/- %+400 (+2.84%)
High - Low15,300 - 13,800
Open - Close13,850 - 8,100
Volume36,210,800

Informasi Tambahan

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan anda hubungi BRI Call di 14017 atau 6221-57987400.

COMPLIANCE

KURSBELIJUAL
USD13,270.0013,370.00
AUD10,455.8510,624.66
CHF13,652.9113,859.67
EUR15,805.5616,025.51
GBP17,967.4518,211.28

*Last update 9/22/2017 08.08 WIB - Untuk transaksi kurang dari eq. USD 2.500

Saham BRI 26/09/17
Last14,500
+/- %+400 (+2.84%)
High - Low15,300 - 13,800
Open - Close13,850 - 8,100
Volume36,210,800

Informasi Tambahan

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan anda hubungi BRI Call di 14017 atau 6221-57987400.

PENGUMUMAN

KURSBELIJUAL
USD13,270.0013,370.00
AUD10,455.8510,624.66
CHF13,652.9113,859.67
EUR15,805.5616,025.51
GBP17,967.4518,211.28

*Last update 9/22/2017 08.08 WIB - Untuk transaksi kurang dari eq. USD 2.500

Saham BRI 26/09/17
Last14,500
+/- %+400 (+2.84%)
High - Low15,300 - 13,800
Open - Close13,850 - 8,100
Volume36,210,800
No Article Selected
KURSBELIJUAL
USD13,270.0013,370.00
AUD10,455.8510,624.66
CHF13,652.9113,859.67
EUR15,805.5616,025.51
GBP17,967.4518,211.28

*Last update 9/22/2017 08.08 WIB - Untuk transaksi kurang dari eq. USD 2.500

Saham BRI 26/09/17
Last14,500
+/- %+400 (+2.84%)
High - Low15,300 - 13,800
Open - Close13,850 - 8,100
Volume36,210,800