Layanan Kian Renyah, McDonald’s Indonesia Kerjasama dengan Bank BRI Untuk Penyediaan Transaksi NonTunai

Tuesday, 17 September 2013

JAKARTA - Guna mempercepat proses transaksi dan mengurangi antrian panjang yang terjadi, McDonald’s Indonesia menggandeng BANK BRI untuk menyediakan layanan transaksi nontunai. “Untuk memangkas antrian, McDonald’s menunjuk BANK BRI sebagai Acquiring Bank untuk menerima transaksi pembayaran tersebut,” ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali di Jakarta hari ini.

McDonald’s menunjuk BANK BRI sebagai mitra untuk layanan ini karena bank ini merupakan bank terbesar dan tersebar di Indonesia.  “Otomatis BANK BRI juga memiliki sebaran jumlah Kartu (Kartu Debit, Kredit, Private Label dan Prepaid) terbesar di Indonesia dengan jumlah lebih dari 18 juta kartu. Selain itu, BANK BRI juga dapat menerima semua kartu yang berlogo VISA dan MasterCard sehingga mempermudah warga negara asing dan turis untuk berbelanja di McDonald’s,” ujar Ali.

Ali mengatakan, kerjasama ini dapat mengubah proses pembayaran yang terjadi di kasir dari sebelumnya menggunakan uang tunai (cash payment) menjadi proses pembayaran tanpa uang tunai (cashless payment).

“Selain sebagai terobosan terhadap proses pembayaran pada restoran  cepat saji di Indonesia, layanan ini juga dimaksudkan untuk lebih memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan McDonald’s saat membeli makanan di restoran kami,” demikian dikatakan  Michael Hartono, Marketing and Communication Director McDonald’s Indonesia. “Kami akan secara terus-menerus melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan kami,” ujar Michael lagi.

Atas hal tersebut, McDonald’s mempercayakan BANK BRI untuk memasang Electronic Data Capture (EDC) di 146 restoran  McDonald’s yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan total EDC terpasang lebih dari 800 unit.

Dengan ditunjuknya BANK BRI menjadi Acquiring Bank di McDonald’s, maka seluruh Kartu BRI (Kartu Kredit BRI, Kartu Debit BRI, Kartu Junio, Kartu Simpedes, dan BRIZZI) dapat digunakan untuk bertransaksi di restoran McDonald’s seluruh Indonesia. “Untuk mendukung kegiatan Cashless di McDonald’s, maka BANK BRI mengadakan Promo untuk seluruh pemegang Kartu BRI yang berlaku secara umum di seluruh restoran McDonald’s. Promo tersebut selain untuk mendukung kegiatan cashless di McDonald’s, juga merupakan loyalty program bagi seluruh nasabah pemegang Kartu BRI,” papar Ali.

Dijelaskan Ali, salah satu promo yang diberikan BRI yakni Gratis Sundae untuk setiap pembelian Rp 50ribu menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit dan Kartu BRIZZI BRI. Selain itu, kinerja Kartu Kredit BRI dari tahun ke tahun juga mengalami trend positif. “Makanya kita optimis transaksi kartu kredit BRI bisa naik 20%, ” ujar Ali.

Kinerja e-banking BRI tidak ketinggalan juga mengalami lonjakan, baik dari sisi pengguna, jumlah transaksi maupun volume transaksinya. Per Juni 2013 lalu tercatat sebanyak 18juta orang telah menggunakan ATM BRI untuk bertransaksi atau naik 31,7% dibanding tahun lalu (yoy) 13,4 juta orang, untuk jumlah transaksinya sendiri mengalami kenaikan 57,4% (yoy), dari 327juta transaksi pada Juni 2012 menjadi 514,7juta transaksi pada Juni 2013. “Untuk volume transaksi melalui ATM BRI juga meningkat 64,5% dari 168,6triliun (Juni 2012) menjadi 277,4triliun (Juni 2013),” jelas Ali.

Sedangkan untuk layanan SMS Banking BRI per Juni 2013 lalu tercatat sebanyak 4,28juta orang telah telah terdaftar menjadi penggunanya atau naik 74,6% dibanding tahun lalu (yoy) 2,45juta orang. “Untuk jumlah transaksinya sendiri mengalami kenaikan 81,5% (yoy), dari 19,2juta transaksi pada Juni 2012 menjadi 34,9juta transaksi pada Juni 2013,” sambung Ali. Sementara untuk volume transaksi melalui SMS Banking BRI juga meningkat 170,7% dari Rp 2,9triliun (Juni 2012) menjadi Rp 7,7triliun (Juni 2013).

Dan untuk layanan Internet Banking BRI per Juni 2013 lalu tercatat sebanyak 640ribu orang telah telah terdaftar menjadi penggunanya atau naik 228,1% dibanding tahun lalu (yoy) 190ribu orang. “Untuk jumlah transaksinya sendiri mengalami kenaikan 73,6% (yoy), dari 5,9juta transaksi pada Juni 2012 menjadi 10,2juta transaksi pada Juni 2013,” sambung Ali. Sementara untuk volume transaksi melalui Internet Banking BRI juga meningkat 112,7% dari Rp 3,5triliun (Juni 2012) menjadi Rp 7,4triliun (Juni 2013).

Bank BRI sangat optimis dengan kerjasama ini. “Dengan jumlah nasabah kami yang saat ini telah mencapai 44juta, dan transaksi yang sudah menembus lebih dari 10juta transaksi perhari,  menandakan kesiapan Bank BRI untuk mendukung program cashless payment dengan McD,” ucap Ali.

KURSBELIJUAL
USD13,450.0013,600.00
AUD10,161.2610,363.29
CHF13,498.8713,747.81
EUR15,803.9616,084.32
GBP17,711.7318,016.28

*Last update 11/17/2017 08.12 WIB - Untuk transaksi kurang dari eq. USD 2.500

Saham BRI 20/11/17
Last3,290.00
+/- %+80.00(2.49%)
High - Low3,210.00 - 3,310.00
Open3,250.00
Volume Avg114.05M/103.05M

Kategori

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan anda hubungi BRI Call di 14017 atau 6221-57987400.

COMPLIANCE

KURSBELIJUAL
USD13,450.0013,600.00
AUD10,161.2610,363.29
CHF13,498.8713,747.81
EUR15,803.9616,084.32
GBP17,711.7318,016.28

*Last update 11/17/2017 08.12 WIB - Untuk transaksi kurang dari eq. USD 2.500

Saham BRI 20/11/17
Last3,290.00
+/- %+80.00(2.49%)
High - Low3,210.00 - 3,310.00
Open3,250.00
Volume Avg114.05M/103.05M

Kategori

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan anda hubungi BRI Call di 14017 atau 6221-57987400.

PENGUMUMAN

KURSBELIJUAL
USD13,450.0013,600.00
AUD10,161.2610,363.29
CHF13,498.8713,747.81
EUR15,803.9616,084.32
GBP17,711.7318,016.28

*Last update 11/17/2017 08.12 WIB - Untuk transaksi kurang dari eq. USD 2.500

Saham BRI 20/11/17
Last3,290.00
+/- %+80.00(2.49%)
High - Low3,210.00 - 3,310.00
Open3,250.00
Volume Avg114.05M/103.05M
No Article Selected
KURSBELIJUAL
USD13,450.0013,600.00
AUD10,161.2610,363.29
CHF13,498.8713,747.81
EUR15,803.9616,084.32
GBP17,711.7318,016.28

*Last update 11/17/2017 08.12 WIB - Untuk transaksi kurang dari eq. USD 2.500

Saham BRI 20/11/17
Last3,290.00
+/- %+80.00(2.49%)
High - Low3,210.00 - 3,310.00
Open3,250.00
Volume Avg114.05M/103.05M